Kentang juga bisa dibuat donat. Adonan donat yang dipadu dengan kentang membuat donat jadi empuk. Karenanya donat kentang disukai banyak orang. Siapa bilang kentang hanya enak dijadikan kentang goreng, ataupun kentang rebus seperti mashed potato. Jenis umbian yang mudah ditemui ini juga enak diolah jadi donat.
 
Saat ini, donat kentang mudah dijumpai di pasar tradisional maupun kedai donat yang banyak bermunculan di pusat perbelanjaan. Biasanya, donat kentang dibalut gula halus maupun aneka topping manis sSeperti cokelat, keju, meises hingga kacang.
 
Donat kentang sendiri merupakan varian donat yang disukai banyak orang. Dibanding donat terigu biasa, donat kentang punya tekstur yang lebih empuk. Cara pembuatannya juga hampir sama seperti donat pada umumnya yang tanpa menambahkan kentang atau ubi di dalamnya. Dasar pembuatannya yaitu tepung terigu dicampur dengan gula, susu bubuk, dan ragi instan. Selanjutnya diaduk dengan kentang atau ubi halus, kuning telur, dan air dingin. Lalu uleni hingga setengah kalis, tambahkan garam dan mentega.
 
Setelah itu, uleni adonan hingga kalis elastis dan istirahatkan selama 15 menit. Kemudian bentuk adonan menjadi beberapa bulatan dan diamkan selama 20 menit. Setelahnya bentuk adonan menyerupai cincin dan goreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan.
 
Sebenarnya donat kentang sudah lebih dulu populer di Amerika Serikat. Di sana, kreasi donat yang lebih dikenal dengan nama spudnut sudah ada sejak pertengahan tahun 1990. Kreasi donat ini dipopulerkan oleh gerai donat bernama Spudnuts Donuts. Awalnya kakak beradik Al dan Bon Pelton ingin menciptakan jenis donat baru. Mereka bereksperimen mencampurkan air kentang ke dalam adonan donat, namun hasilnya tidak menggembirakan.
 
Tak patah arang, mereka kembali mencoba dengan mencampurkan mashed potato dengan adonan donat. Tak disangka, hasil eksperimen Al dan Bon disukai banyak orang. Keduanya lalu mendirikan Spudnuts Donuts di Salt Lake City, Utah pada tahun 1940. Gerai ini dengan cepat menyebar ke penjuru Negeri Paman Sam. Karenanya, di awal tahun 1950, Spudnuts Donuts berhasil melebarkan sayap dan memiliki sebanyal 350 toko.
 
Kamu lebih suka donat bertekstur lembut, padat atau yang lebih empuk membal? Yuk berkreasi dengan Colatta, lalu padukan dengan kentang dan umbi lainnya!